-->

Pentingnya Menjaga Kesehatan Reproduksi


 mengingat bahwa sistem reproduksi perempuan dirancang untuk sanggup melaksanakan beberapa fung Pentingnya menjaga kesehatan Reproduksi

Menjaga kesehatan reproduksi wanita, sangat penting untuk diperhatikan, mengingat bahwa sistem reproduksi perempuan dirancang untuk sanggup melaksanakan beberapa fungsi. Berdasarkan definisi dari departemen kesehatan, diketahui bahwa kesehatan reproduksi yaitu keadaan sehat secara menyeluruh serta proses reproduksi yang normal. Dengan demikian sanggup kita artikan bahwa kesehatan reproduksi bukan hanya kondisi bebas dari penyakit saja, melainkan bagaimana seseorang sanggup mempunyai kehidupan seksual ayng kondusif dan memuaskan, serta mereka mempunyai kemampuan untuk bereproduksi dan kebebasan untuk memilih keinginannya, kapan dan frekuensinya.
Dan dari pengertiannya sendiri ihwal kesehatan reproduksi yaitu keadaan kesejahteraan fisik, mental, dan social yang utuh dan bukan hanya tidak adanya penyakit atau kelemahan dalam segala hal yang bekerjasama dengan sistem reproduksi dan fungsi-fungsi serta proses-prosesnya.
Rentannya kesehatan seorang perempuan terhadap bebagai jenis penyakit reproduksi haruslah menciptakan para perempuan menjadi lebih berhati-hati dan selalu menjaga organ tersebut. ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan reproduksi pada perempuan yaitu dengan cara mengganti celana dalam setiap hari dan ketika mengalamai keputihan. Setelah buang air kecil maupun besar.
Berikut ini tips untuk menjaga kesehatan organ reproduksi pada wanita:
  1. Celana dalam harus diganti setiap hari dan pada hari-hari yang mengalamai keputihan, lebih baik menggunakan panty liner sehingga tidak melekat pada pakaian dalam yang menimbulkan ketidaknyamanan.
  2. Hindari stress hiperbola dan beralihlah ke gaya hidup aktif dengna teratur berolahraga dan sering mengkonsumsi makanan yang seimbang, bernutrisi dan bervitamin.
  3. Lakukan pencucian dengan menggunakan air pda alat kelamin baik itu suami ataupun istri ketika akan melaksanakan hubungan badan.
  4. Hindari menggunakan sabun atau menyapu shower gel pada alat kelamin sebab sanggup menimbulkan kekeringan dan iritasi kulit dan akan menjadi gatal. Beberapa perempuan sensitive dan alergi pada kandungan pewangi serta buih sabun.
  5. Ketika haid, anda disarankan sering mengganti pembalut terutama pada hari-hari yang banyak darah.
  6. Hindari penggunaan pembersih vagina yang dijual dipasaran, sebab sanggup menjadikan imbas samping danmengubah ph vagina. Produk yang sebaiknya anda hindari yaitu apabila sehabis dipakai maka akan menjadikan rasa gatal, pedih dan kemerah-merahan.
  7. Hindari hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan.
  8. Hindari hubungan intim pada ketika datangnya haid.
  9. Rajinlah mencukur dan membersihkan rambut organ intim secara rutin. Minimal 40 hari sekali. Karena kalau dibiarkan terlalu lebat maka basil akan bersarang pada celah celah rambut.
  10. Jaga selalu kelembapan suhu pada organ intim, sebab kalau terlalu lembab atau suhunya terlalu tinggi akan menimbulkan organ intim tidak sehat.

Dan berikut yaitu beberapa penyebab jawaban tidak sehatnya organ reproduksi yang dikarenakan cara hidup tidak sehat:
Aktifitas seksual yang tidak sehat, hal ini akan menimbulkan organ dari reproduksi terganggu dan tidak sehat, cotohnya seperti:
  1. HIV/AIDS
  2. Kencing nanah
  3. Sipilis
  4. Gonore
  5. Raja singa
  6. Herpes
  7. Herspes genital
  8. Hernia
  9. Klamidia

Mengkonsumsi asupan makanan yang tidak sehat, menunjukkan asupan makanan dan minuman secara sembarang pada tubuh akan sangat mempengaruhi kesehatan organ reproduksi :
  1. Impotensi
  2. Ejakulasi dini
  3. Difungsi ereksi
  4. Difungsi seksual
  5. Lemah syahwat
  6. Masalah kesuburan

Itulah beberapa cara merawat dan menjaga kesehatan organ reproduksi, cintai dan sayangilah diri kita sendiri, dan selalu rajin serta rutin dalam menjaga kesehatan tubuh dan kebersihan.


0 Response to "Pentingnya Menjaga Kesehatan Reproduksi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel